BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner

PEROGRAM SATU WC SATU RUMAH HAMPIR TERLEALISASI DENGAN BAIK DI DUA DESA.


MEDIAINDOABADI. CO ID.

 OGAN ILIR. Dalam PEROGRAM satu WC satu Rumah sudah mencapai 90% didua Desa yaitu Desa RAWA JAYA dan Desa MEKAR JAYA Kecamatan PEMULUTAN Kabupaten OGAN ILIR Sumatera selatan.

Dalam PEROGRAM tersebut sejak dimulai pada Tahun 2020 sampai sekarang 2023 hampir rampung pekerjaannya. 

Berdasarkan keterangan seorang perangkat Desa menerangkan bahwa sehubungan Desa kami ini mayoritas petani sawah atau disebut dipinggiran Lebak,maka Kepala Desa mengambil inisiatif mencanang kan PEROGRAM satu WC satu Rumah, tetapi secara berkala (bertahap )disebabkan menunggu sisa Dana Desa yang dibagikan kepada warga yaitu Dana BLT, 

Didalam PEROGRAM tersebut kepala Desa tidak tebang pilih, biar Rumah Gedung, bair Rumah  semi permanen, ataupun Rumah panggung, baik yang lainnya, tetap diberi SATU WC. asal Rumah tersebut memang belum ada WC diRumahnya, tetapi kalau memang Rumah tersebut sudah ada WC sendiri, tidak akan mungkin lagi Kepala Desa ( KADES )Membuatkannya WC Lagi. kata MARKOWI.

Alhamdulillah sampai saat ini sudah tercapai target 90% mudah mudahan akhir Tahun 2023 rampung seluruhnya 100%.kata MARKOWI kembali selaku KAUR  KEUANGAN Desa RAWA JAYA. 14/10/23.

Begitu juga kata seorang perangkat Desa MEKAR JAYA, kamipun mengadakan PEROGRAM satu WC satu Rumah, namun kami hampir selasai juga diperkirakan sudah mencapai 95% atau lebih.

Dalam kunjungan kami selaku media dalam melakukan  kontrol sosial, ini menemui Kepala Desa dua Desa yaitu RUSMADI. BR. selaku Kepala Desa  RAWA JAYA dan MUSIADI selaku Kepala Desa MEKAR JAYA, namun kedua nya tidak ada ditempat mungkin lagi ada dinas diluar, baikpun menemui undangan resepsi Pernikahan.

Maka ketemulah seorang warga yang sudah menerima bantuan WC diDesa RAWA JAYA, mengatakan, Alhamdulillah pak sejak dicanangkan satu WC satu Rumah dan kebetulan kami duluan sekali mendapat WC, kami banyak bersyukur sekali mendapat bantuan WC, disebabkan apa bila kami mau buang air besar maupun kecil pada waktu malam hari, sungguh sangat sulit sekali karna mau kesungai  jaraknya jauh, dan tau lah dewek pak care diam dilebak kalu malam takut kalu Ade ular dan lain lain dalam ucapan bahasa daerah kata seorang  bapak yang tidak mau menyebutkan nama. 

Begitu juga diDesa MEKAR JAYA kami menanyakan kepada seorang Ibu,tentang penerimaan satu WC satu Rumah, hampir sama jawabannya namun dia banyak mengucapkan terima kasih kepada Pak KADES atas bantuannya kalau kami mau mandi baik buang air  besar maupun kecil kami tidak takut lagi disebabkan sudah ada didinding Rumah kami sendiri, walau letaknya diluar Rumah. Kata Ibu NUR. Desa MEKAR JAYA.

Harapan dan doa kami selaku media segala sesuatu dapat diselesaikan kalau memang ada niat yang tulus, semoga Dana Desa untuk tahun yang akan datang dapat membangun pisik demi kelancaran PEROGRAM Desa tandasnya.

Tim Red
RASPANI.

Posting Komentar

0 Komentar